Jumat, 04 September 2015

KERJA KERAS UNTUK MOS 2015

Masa Orientasi Siswa (MOS) bukan hanya sekedar formalitas awal tahunan. Misalnya hanya diselenggarakan seperlunya untuk memenuhi tuntutan Dinas Pendidikan. Atau dalam istilah yang lebih sederhana “asal jalan begitu saja”.  Padahal, bila dicermati banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh baik oleh Peserta Didik baru dan lama – maupun bagi lembaga penyelenggara itu sendiri. Oleh sebab itu kegiatan MOS perlu dipersiapkan dengan matang agar tujuan penyelenggaraan awal pendidikan mencapai hasil yang optimal.

Alhamdulillah pelaksanaan MOS 2015 SMPIT Ibnu Sina telah selesai ditunaikan. Terima kasih disampaikan kepada seluruh kepanitiaan MOS 2015 yang telah meluangkan waktu dan tenaga demi suksesnya kegiatan tersebut. Terutama peran sentral OSIS yang tahun ini mengambil tanggungjawab luar biasa. 
Olahraga pagi sebagai salah satu kegiatan MOS
Sebagai bentuk dokumentasi kegiatan, ijinkan kami memberi rangkuman kegiatan MOS 2015 mulai awal kegiatan (pembentukan panitia) hingga akhir kegiatan. Adapun rangkuman kegiatannya adalah sebagai berikut.

A. PEMBENTUKAN PANITIA

Bila kegiatan MOS ini diibaratkan sebuah mesin,  maka panitia OSIS adalah komponen geraknya. Hal pertama yang kami lakukan sebelum merancang kerja adalah membentuk panitia. Panitia diambil khusus dari OSIS periode 2014/2015. Melalui hasil musyawarah terbentuklah panitia kerja MOS sebagai berikut.

Ketua Panitia : 
M. Reihan Abadi
Sekretaris : 
Ghina Ghoida’ Al-Khavi
Bendahara : 
Mahardika Ainun Firdausi

Sie Bidang

Sie Acara :
Ahmad Adani (Co), Sadad Robith, Dewi Hamidah, dan Ika Lutfiatul
Sie Perlengkapan :
Ulil Albab (Co), dan Sholeha Devi
Sie Permainan :
Regal Imansyah (Co), dan Umi Rofi
Sie Keislaman :
Khosyi Larasati (Co), Siti Nurqoyimah, Iqbal Akbar, M. David Ubaidillah
Sie Dokumentasi :
Irma Mega (Co), dan M. Rizki Ma’ruf

Kami menyusun kepanitiaan ini dengan penuh hati-hati agar setiap bidang kepanitiaan mampu memenuhi amanah dan tanggung jawab kerja.

B. MENYUSUN PROPOSAL KERJA

Langkah berikutnya adalah menyusun proposal kerja. Proposal ini berisi agenda kerja mulai dari tujuan, waktu, pembiayaan, dll.  Bagi panitia baru yang belum berpengalaman - menyusun proposal kerja sama sulitnya dengan menyusun karya ilmiah. Beruntung data dan dokumen MOS 2014/2015 masih tersimpan rapi. Sehingga kepanitiaan yang baru tinggal memodifikasi isi dan jadwal kegiatannya.

File Proposal 2014 (lama) unduh di sini
File Proposal 2015 (baru) unduh di sini
C. MENYIAPKAN PROPERTI KEGIATAN

Tiba saatnya panitia mengumpulkan properti apa saja yang dibutuhkan selama kegiatan MOS. Properti tersebut antara lain seperti :

1. Print out Absensi peserta 
Absensi peserta dibuat berdasarkan data penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2015). Tahun ini jumlah peserta MOS 22 anak (16 putra dan 7 putri). Jumlah ini sungguh menggembirakan bagi kami mengingat ada peningkatan jumlah dari tahun lalu. Apalagi setelah kegiatan MOS ini ternyata kami kedatangan siswa baru lagi dari Jakarta. Sehingga jumlah siswa kelas VII 23 anak (17 putra dan 7 putri).

2. Print out Jadwal Kegiatan, 
Jadwal kegiatan disusun bersama panitia setelah sie Bidang Acara mengajukan rancangan jadwal awal. Jadwal ini selanjutnya dimusyawarahkan oleh panitia sehingga terbentuk jadwal baru yang sesuai.
3. Surat Permohonan Pemateri dan Curiculum Vitae Pemateri
Berdasarkan jadwal baru yang telah terbentuk – panitia segera menyusun surat permohonan pemateri. Setiap surat dilampiri jadwal dan curiculum vitae (biodata pemateri). Biodata pemateri ini penting dilampirkan agar tiap peserta MOS mengetahui kompetensi tiap pemateri.

4. Print out lembar aktivitas peserta
Lembar aktivitas peserta adalah properti wajib yang digunakan pada saat kegiatan MOS. Lembar ini disiapkan dan diberikan dalam sesi keliling sekolah.

5. Print out penilaian peserta 
Khosyi dan Irma ditugaskan secara khusus di luar tugas bidang panitia untuk membantu Guru menilai aktivitas peserta. Penilaian peserta didasarkan pada nilai Post test materi dan keaktifan selama kegiatan. Di akhir acara kemudian diumumkan peserta terbaik sesuai kriteria yang disepakati.

6. Block note
Fasilitas gratis berupa buku catatan bagi siswa baru untuk mencatat isi materi kegiatan MOS.

7. Teks MC dan Sambutan
Idealnya setiap panitia yang ditugaskan untuk memandu acara dan sambutan mengerti betul apa saja yang harus disampaikan. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian – kemampuan verbal anak remaja masih terkendala oleh mental dan pengalaman. Itulah sebabnya teks MC dan Sambutan ini perlu dibuat.

8. Setting tempat acara
Tempat kegiatan dipersiapkan oleh sie perlengkapan dengan memperhitungkan penataan dan fungsi ruang. Meja pemateri, meja peserta semuanya diberi identitas untuk mempermudah dalam pengelompokan peserta.

9. ID panitia dan peserta, 
Setiap peserta menggunakan Id Card agar mudah dikenali dan dinilai. Id Card juga dikenakan oleh panitia agar peserta mengenali mana panitia yang bertugas dan siswa biasa. Tiap Id Card dilengkapi dengan foto identitas.

10. Hadiah Peserta
Setiap kegiatan dimonitoring oleh panitia. Baik keaktifan dan nilai post test menjadi tolak ukur tersendiri dalam penilaian MOS.  Peserta terbaik yang memenuhi kriteria penilaian panitia memperoleh hadiah khusus di akhir acara. Hadiah ini telah dipersiapkan terlebih dulu sebelum MOS dimulai.

 Packing Hadiah untuk peserta terbaik

D. TAKE ACTION

Perencanaan matang yang dibuat tidak akan mencapai tujuan tanpa implementasi di lapangan. Berdasarkan jadwal, kegiatan MOS dimulai tanggal 27 Juli dan dilangsungkan selama 3 hari hingga tanggal 29 Juli. Apa dikata perencanaan tersebut ternyata masih tersandung oleh kendala teknis. Kendala tersebut terjadi karena agenda MOS ditetapkan di awal masuk sekolah.

Tentu saja MOS tidak bisa langsung dilaksanakan sesuai jadwal. Ini karena seluruh perangkat sekolah ; guru, siswa, kondisi kelas, belum dikondisikan setelah lama liburan. Akhirnya kami-pun melewatkan hari pertama (27/7) masuk sekolah dengan kegiatan bersih-bersih. Termasuk siswa baru – diabsen dahulu – kemudian diperbantukan untuk membersihkan area sekolah dan kelasnya.

Setelah itu seluruh kepanitian MOS 2015 dikondisikan kembali. Kami merencanakan segala sesuatu terkait hari pertama MOS (besok 28/7). Tiap jadwal harus dilampirkan petugas dan penanggungjawabnya. Sebagian besar menggunakan jasa siswa – karena sumber daya Guru di sini sangat terbatas. Selain itu siswa kami sudah mulai terlatih memahami instruksi dan tahu bagaimana cara bekerja sama.

Jadwal kegiatan MOS 2015 dapat diunduh di sini.

Masing-masing panitia mengenakan kartu panitia untuk mengkondisikan batasan tugas dengan siswa lain dan juga dengan peserta MOS. Agenda kegiatan MOS 2015 adalah sebagai berikut.

1. Cek-in peserta
Cek in dan cek out peserta adalah kegiatan rutin wajib yang harus dilakukan oleh siswa baru. Kegiatan ini merupakan langkah awal pembelajaran disiplin siswa.  Pada saat cek in peserta melakukan tanda tangan dan akan diberi kartu identitas peserta oleh panitia. Begitupun pada saat cek out, peserta diperbolehkan meninggalkan sekolah setelah menyerahkan kartu identitas dan tanda tangan

2. Dzikir Al-Ma’tsurat dan Shalat dhuha
Kami secara khusus memberi perhatian lebih terhadap pembinaan keislaman siswa. Sejak awal siswa masuk sekolah, program pembiasaan sikap islami harus ditanamkan – termasuk kebiasaan beribadah.


Sebagian siswa kami adalah alumni SDIT – yang tentu tidak asing dengan rutinitas dzikir pagi dan shalat duha. Bagi siswa yang berasal dari SD/MI umum, mungkin masih merasa kesulitan mengikuti kegiatan ini. Namun panitia siap mendampingi dan memfasilitasi peserta dengan buku saku. Seiring waktu rutinitas yang awalnya sulit menjadi mudah karena terbiasa. 

3. Upacara Pembukaan
Kegiatan upacara ini dilangsungkan di dalam masjid tepat setelah kegiatan shalat duha. Maklum kami masih belum memiliki aula khusus kegiatan besar. Ruang yang paling luas kapasitasnya hanya kelas VII – yang saat ini digunakan sebagai ruang kegiatan MOS. Moga-moga dalam waktu dekat ada rizki untuk membangun aula. Selain bisa digunakan untuk kegiatan resmi aula juga bisa dipakai untuk kegiatan olahraga indor seperti futsal, bulutangkis, dan tenis meja.

Kegiatan Upacara pembukaan MOS 2015 dibuka oleh bapak kepala Sekolah SMPIT Ibnu Sina yaitu Drs. H. Abd. Qodir Muhith.  Sebagai bentuk simbolik pembukaan kegiatan diikuti dengan penyematan kartu peserta MOS 2015 oleh guru dan panitia.  


4. Kegiatan Materi
Dalam 3 hari peserta MOS 2015 dibekali dengan materi pengenalan dan adaptasi program sekolah.  Adapun materi yang disajikan antara lain :
1. Welcome to SMPIT Ibnu Sina oleh Bpk. Sugiono Warsito (Waka Kurikulum)
2. Menjadi Muslim Prestatif oleh Ust. Abdul Malik (Pembina Keislaman dan Asrama)
3. Kiat Sukses Belajar di SMP oleh Mas Zarkasi (alumni SMAN 1 Jember 2014/2015 – Salah satu Peraih Beasiswa Bidik Misi Jurusan Geografi UNESA 2015)
4. Remaja itu Sehat Narkoba oleh Bpk. Fitra Zainul Arifin (Waka Kesiswaan)


Materi “Remaja itu Sehat Narkoba“ pada awalnya tidak terdapat dalam agenda proposal kegiatan. Namun dewan guru menilai siswa baru perlu dibekali dengan pemahaman bahaya narkotika. Apalagi pengedaran narkoba telah merambah para pengguna dari kalangan remaja. Kami berharap ada kegiatan penyuluhan bahaya narkotika pada waktu mendatang. Kebetulan dr. Sugianta (kepala Yayasan Darus Sunnah) dan Bpk Handoko (Kapolsek Wuluhan) menyanggupi usulan ini. Hanya saja tidak pada saat kegiatan MOS 2015 ini beliau berdua terkendala karena kesibukan kerja dan pemberitahuan yang mendadak. 

Tidak hanya siswa baru yang memperoleh banyak manfaat selama kegiatan materi – para panitia dan siswa lama pun mendapat tambahan pengalaman. Tiap kali sesi materi berlangsung, kami menyiapkan ceremony kecil berupa pembukaan acara oleh MC, baca Quran, dan pembacaan curikulum vitae pemateri. Persiapan LCD viewer dan perlengkapan hingga fotografer juga semua dilakukan oleh siswa – panitia. Ini adalah langkah pemberdayaan siswa setidaknya memberi pembelajaran tanggungjawab kerja dan kepercayaan diri. 



0 komentar: