Rabu, 04 Mei 2016

SMKIT GOES TO SMPITIS

Report by LFM 2016


Gb.1 Mobil Yayasan Ibnu Katsir Jember
Sabtu, 30 April 2016 SMKIT Ibnu Katsir datang berkunjung ke kompleks SMPIT Ibnu Sina. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar sekolah IT Jember dan juga menjadi wahana untuk saling mengenal profil sekolah masing-masing. Dalam kunjungan ini hadir para pengajar SMKIT Ibnu Katsir seperti Ust. Farhan, Ust. Agus Rahmawan, Bpk Prawoto, dkk. 
  
SMKIT Ibnu Katsir memang baru dibuka tahun ini (Th. ajaran 2016/2017). Namun keberadaan SMK ini menjadi  jawaban atas kebutuhan masyarakat yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di lembaga sekolah IT, terutama di jenjang pendidikan menengah atas. SMK ini membuka 2 jurusan Pertanian dan Industri peternakan. Dan yang menarik SMKIT turut melibatkan para ahli pertanian dan peternakan di sejumlah kampus ternama di kabupaten Jember. Diantara nama-nama yang tak asing antara lain Prof. Ir. A. Subagio, M. Agr.,Ph.D (penemu tepung MOCAF), Prof. DR. Indarto, S.TP., DEA, DR. Ujang Suryadi,MP., Ust. Abu hasanudin, S.Pd dan sejumlah nama lain.

Kegiatan diselenggarakan pukul 10.00 pagi di dalam masjid sekolah. Format kegiatan bertajuk pengenaan profil  sekolah dan motivasi menghadapi UN. Awalnya kegiatan diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas IX yang akan menghadapi UN 2016 dan persiapan masuk SMA/SMK.  Namun untuk menambah semarak kegiatan, akhirnya sekolah melibatkan seluruh siswa SMPIT Ibnu Sina. Bahkan pihak sekolah juga mengundang wali kelas IX yang ingin mengetahui lebih dalam tentang SMKIT.

Acara dibuka oleh ust. Farhan didampingi oleh Ust. Abdul Qodir selaku tuan rumah dan kepala sekolah SMPIT Ibnu Sina. Setelah itu perwakilan dari SMKIT yaitu Bpk Prawoto memberikan gambaran tentang prospek dan potensi peternakan yang sangat menjanjikan di masa kini. Bpk Prawoto telah lama berkecimpung di dunia industri peternakan, dan juga menjadi staf ahli di Dinas Peternakan Kab. Jember. Beliau juga aktif memberikan penyuluhan ke sejumlah petani-ternak di Jember dan sekitarnya. Melalui penjelasan beliau, pandangan kami terhadap dunia peternakan menjadi lebih terbuka.

Gb.2 Bpk Prawoto menjelaskan potensi jurusan Industri Peternakan

Gb.3 Bpk Prawoto menjelaskan potensi jurusan Industri Peternakan
 Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan profil sekolah oleh Ust. Agus Rahmawan. Sosok yang tak asing bagi kami karena beliau sering menjadi pemandu acara dalam kegiatan Majelis Dhuha Puslit Koka Jember. Beliau sempat menyinggung kabar berita salah seorang siswa kami Ulil Albab (Ulba) yang  akhir-akhir ini menjadi buah bibir di sejumlah media cetak maupun elektronik. Ya, Ulba siswa kami yang mengendarai kuda setiap kali berangkat-pulang sekolah (Baca : Ulba, Siswa Sekolah Berkendara Kuda). Beliau Ust. Agus menyebut berita tentang Ulba bisa menjadi ajang promosi yang menguntungkan bagi SMPIT Ibnu Sina.

Gb.4 Ust. Agus Rahmawan menjelaskan profil SMKIT

Gb.5 Ust. Agus Rahmawan menjelaskan profil SMKIT

 Ust. Agus memberikan suntikan moril bagi para siswa SMPIT Ibnu Sina untuk selalu menjaga asa dalam menghafal  Al-Quran. Di tambah lagi kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menghafal Al-Quran saat ini semakin meningkat. Bahkan tidak sedikit Universitas Negeri bonafit yang memberikan prioritas masuk jurusan tanpa tes bagi lulusan sekolah Hafidz. Ini semua adalah bentuk kemudahan yang tidak disangka-sangka.

Kegiatan kemudian ditutup pukul 11.00. Di akhir acara kami menilai bahwa untuk mengembangkan visi sekolah Qurani memang perlu dukungan berbagai pihak. Tak terkecuali dukungan dari lembaga Hafidz Quran yang sudah berpengalaman seperti Yayasan Ibnu Katsir Jember. Semoga saja amanah visi sekolah Qurani SMPIT Ibnu Sina Wuluhan segera terwujud untuk menghasilkan generasi Quran yang mampu membanggakan Dunia Akhirat.